Wednesday, October 15, 2008

Tips Kerja Produktif dari Rumah

Bekerja di rumah punya banyak keuntungan. Misalnya, tidak terikat jam kerja, tidak harus kesal karena terjebak macet, dan jam kerja yang dapat diatur sendiri. Namun, terkadang segala sesuatu bisa berjalan di luar rencana, termasuk bekerja dari rumah yang seharusnya berjalan lancar bisa saja terhambat, misalnya anak tiba-tiba menangis, datang tamu dan sebagainya. Supaya Anda bisa bekerja di rumah namun tetap produktif, berikut tips yang layak Anda coba:

Minimalkan gangguan
Inilah poin utama yang perlu Anda camkan, hindari gangguan yang bisa mengganggu kenyamanan kerja Anda. Misalnya, telepon yang mengganggu, tiba-tiba hujan datang dan Anda harus mengambil jemuran dan gangguan lainnya. Jika memang Anda tidak menunggu telepon penting ya matikan saja.

Nyamankan Suasana Kerja
Bekerja dalam suasana yang tenang tentu akan lebih baik dan memberikan konsentrasi yang bagus. Namun, jangan sampai terlalu nyaman yang malah membuat ANda ngantuk dan tertidur. Apabila suasana memang panas, nyalakan AC atau kipas angin terlebih dahulu. Termasuk pula kenyamanan ruang kerja, untuk hal ini Anda harus juga mempersiapkan penataan interior yang rapi.
Tutup pintu ruang kerja agar terhindar dari gangguan. Beritahu anggota keluarga jam kerja Anda sehingga mereka mengerti dan tak mengganggu waktu kerja Anda.

Persiapkan segala perlengkapan
Jangan sampai karena isi stapler Anda habis lalu Anda harus ke swalayan, seperti Indomaret dan Alfamart bahkan menghabiskan waktu disana. Sebisa mungkin tempatkan semua barang Anda pada satu tempat dan teratur, jadi ANda tahu harus kemana apabila membutuhkan sesuatu.

Fokus
Fokus adalah kata kuncinya, tetaplah fokus pada tujuan Anda. Sebab, Anda bisa saja melakukan searching dan menemukan banyak hal menarik di luar tema yang sedang Anda kerjakan saat itu. Alhasil, Anda malah sibuk mengurusi informasi-informasi baru tersebut dan melalaikan pekerjaan utama Anda. Untuk hal ini, simpanlah halaman yang Anda temukan tersebut pada bookmark dan kembali pada prioritas pekerjaan Anda.

Terencana dan Mengikuti Perencanaan
Perencanaan sangat penting untuk menjalankan bisnis di rumah. Mulai dari memeriksa email, memasang iklan, membuat artikel, menjawab pertanyaan klien dan sebagainya.
Jalankan semua aktivitas Anda, dan buat jadwal jika perlu. Apa-apa saja yang harus Anda kerjakan. Selanjutnya ikuti perencanaan yang telah Anda buat sebagai panduan dan supaya ANda tidak keluar dari jalur.

Bagi Anda yang full time internet marketer, jadikan jam kerja sebagai jam kerja utama Anda. Sebab itulah pekerjaan Anda, jadi ANda juga harus profesional, terutama dalam mengelola waktu dan profesional bagi diri sendiri. Dan mampu membagi waktu bagi keluarga ANda. JAngan sampai Anda karena bekerja di rumah, sampai-sampai semua waktu adalah kerja.

Dengan pengaturan yang tepat tentunya Anda bisa memperoleh hasil yang maksimal. Semoga SUKSES.

By: Efvy

No comments:

Post a Comment

Give Your Comments.